Skip links

Perbedaan Bahan Ducting untuk Kebutuhan HVAC

Perbedaan Bahan Ducting untuk Kebutuhan HVAC | Adimas Isolasitama

Bahan Ducting untuk Kebutuhan HVAC | Ducting merupakan salah satu komponen vital dalam bangunan karena fungsinya untuk menyalurkan udara dari system HVAC. Namun tahukah anda bahwa Ducting memiliki beberapa bahan berbeda yang dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhan bangunan anda.

Ducting Konvensional

Komponen pada Ducting Konvensional terdiri dari bahan utama Seng BJLS yang dipotong dan disesuaikan dengan ukuran ducting. Kemudian susunan seng tersebut dilapisi dengan Insulasi berupa :

  • NBR : Merupakan insulasi Nitrile Rubber Closed Cell yang fleksibel, tidak merambatkan api, mencegah kondensasi, dan mudah diaplikasikan.
  • XLPE : Berbahan busa Cross-Linked Closed Cell Polyolefin yang tahan berbagai suhu, efisiensi energi pada permukaan ducting, serta tahan lama.
  • Glasswool : Material berbahan serat fiberglass yang tidak menghantarkan api, tahan panas, serta mengurangi kebisingan.
  • Rockwool : Insulasi berbahan mineral bebatuan yang tidak terbakar, peredam suara dan panas yang baik, serta menyerap kelembapan pada ducting.

Ducting Konvensional mampu bertahan lebih lama dan cocok sebagai material jangka panjang, karena bahan utama seng BJLS yang kokoh sehingga minim perawatan.

Ducting Panel

Material utama pada Ducting ini adalah Panel PIR atau bahan Polyisocyanurate yang ringan, mudah dibentuk, mampu meredam suara, dan tidak terbakar. Dengan lapisan alumunium di bagian luar dalam membuat panel PIR tergolong sebagai material yang paling mudah dipasang untuk kebutuhan ducting.

Namun panel PIR juga memiliki kekurangan pada masa pemakaian yang relatif lebih singkat sekitar 8 tahun. Dan jika panel sudah mulai lapuk dan berlubang, maka proses penggantian harus dilakukan secara menyeluruh.

Ducting Flexible

Flexible Duct adalah salah satu material ducting yang sering digunakan untuk menghubungkan saluran HVAC ke berbagai arah atau ruangan dengan lebih mudah. Karena berbahan alumunium/metalizing dengan rangka yang dapat dibelokkan ke segala arah membuatnya menjadi pilihan untuk bangunan komersial dan pribadi.

Flexible Duct juga tersedia dengan insulasi berupa glasswool untuk mencegah kondensasi/pengembunan, meredam panas serta mengurangi kebisin

Leave a comment

This website uses cookies to improve your web experience.